Langsung ke konten utama
Apa itu GAME ENGINE?

Game engine itu sendiri pada dasarnya adalah sebuah perangkat lunak atau bisa berdiri sebagai library yang dapat digunakan untuk membuat game. Adapun fungsi-fungsi dasar yang ada di dalam game engine bisa dilihat pada daftar di bawah ini: 

rendering baik 2D maupun 3D (bisa salah satu atau bisa keduanya)
physics engine
pengatur audio
scripting
pengatur dan penampilan animasi
networking dan streaming data
pengaturan memori
pengaturan grafis

Cakra Game Dev - Penjelasan dan Jenis-jenis Game Engine

Seberapa Pentingkah GAME ENGINE?

Bagi pengembang game, game engine memegang peranan penting karena fungsionalitas yang disediakan di dalamnya. Analoginya jika di dalam pembuatan roti, maka game engine itu adalah mesinnya. Jadi kita dalam membuat roti tidak harus membuatnya dari nol, adapun fungsi-fungsi dasar dan penting sudah ditangani oleh mesin (game engine) tersebut.

Penggunaan game engine yang tepat akan mempermudah dan mempercepat proses produksi. Maka akan bijaksana jika kita memilih dan menggunakan game engine yang tepat menyesuaikan skala game yang kita buat. Setiap game engine juga memiliki kompleksitasnya masing-masing, perlu juga kita pertimbangkan apakah semua fitur yang disediakan di dalamnya akan kita pakai semua atau tidak.

Mengenal GAME ENGINE Populer

Sebagai tambahan, saya akan coba membahasa beberapa game engine yang populer digunakan sehingga dapat memberikan gambaran dan pertimbangan kira-kira nanti kamu bakalan cocok dengan game engine yang mana.

 CRYENGINE

Cryengine Sekarang Gratis untuk Developer Game

adalah mesin game yang dirancang oleh pengembang game Jerman Crytek . Ini telah digunakan di semua judul mereka dengan versi awal yang digunakan di Far Cry , dan terus diperbarui untuk mendukung konsol dan perangkat keras baru untuk gim mereka. Itu juga telah digunakan untuk banyak game pihak ketiga di bawah skema lisensi Crytek, termasuk Sniper: Ghost Warrior 2 dan SNOW . Warhorse Studios menggunakan versi mesin yang dimodifikasi untuk RPG Kingdom Come: Deliverance abad pertengahan mereka. Ubisoft mempertahankan CryEngine versi in-house yang sangat dimodifikasi dari Far Cry asli yang disebut Dunia Engine , yang digunakan dalam iterasi selanjutnya dari seri Far Cry .

FITUR CRYENGINE

  • WYSIWYG simultan di semua platform di sandbox editor 
  • "Pembaruan terbaru" untuk semua platform di editor kotak pasir 
  • Editor materi 
  • Grafik aliran 
  • Editor Tampilan Track 
  • Alat penempatan prosedural dan pembuatan sampul 
  • Sistem generasi vegetasi dan penutup daratan terintegrasi 
  • Sistem partikel lunak waktu nyata dan editor FX terintegrasi 
  • Alat jalan dan sungai 
  • Pembuat kendaraan 
  • Sistem waktu hari yang sepenuhnya fleksibel 
  • Streaming 
  • Alat Analisis Kinerja 
  • Sistem Anggaran Visual 
  • Dukungan multi-inti 
  • Lapisan pengembangan kotak pasir 
  • Render luring 
  • Penyusun sumber daya 
  • Pencahayaan alami dan bayangan lembut dinamis dengan penumbra 
  • Volume Irradiansi 
  • Pencahayaan tertunda 
  • Iluminasi global dinamis real time 
  • Adaptasi mata dan pencahayaan high-dynamic-range (HDR) 
  • Oklusi ambien ruang layar 
  • Pemeringkatan warna 
  • Teknologi "Uber Shader" 
  • Blend Layer 
  • Peta normal dan peta oklusi paralaks 
  • Buram gerak dan kedalaman bidang dengan bokeh berbasis sprite 
  • Air 3D berkualitas tinggi 
  • Balok cahaya volumetrik dinamis dan efek poros cahaya 
  • Fogging volumetrik, lapisan, dan tampilan 
  • Layar Space Directional Occlusion (SSDO) 
  • Tessellation (grafik komputer) dan Pemetaan Pemindahan 
  • Refleksi layar-ruang 
  • Gerak dan bayangan partikel 
  • Sistem animasi karakter 
  • Sistem individualisasi karakter 
  • Animasi kerangka parametrik 
  • Larutan gerak prosedural dan solusi IK 
  • Editor animasi wajah 
  • Penyebaran di bawah permukaan 
  • Sistem pengeditan AI 
  • Pencarian path dinamis 
  • Mesh Navigasi Lapisan 
  • Pembuatan mesh navigasi otomatis 
  • Sistem Titik Taktis 
  • Mesin fisika multi-utas terintegrasi 
  • Cacat dan fisika tubuh lunak 
  • Lingkungan yang interaktif dan destruktif 
  • Fisika tali 
  • Pencampuran dan pembuatan profil suara dalam game 
  • Sistem suara berbasis data 
  • Suara dinamis dan musik interaktif 
  • Audio lingkungan 
  • Bingkai kunci - suara akurat dalam animasi 
  • Suasana suara 
  • Volume air kaustik 
  • Editor pemetaan UV 
  • PBR (Rendering Berbasis Fisik) 


Sumber :
- https://en.wikipedia.org/wiki/CryEngine

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SCENARIO,SCRIPT, DAN STORYBOARD PADA GAME DESIGN

Desain Skenario   Skenario adalah urutan cerita yang disusun oleh seseorang agar suatu peristiwa terjadi sesuai dengan yang diinginkan. Kalau dasar untuk pembuatan film adalah skenario, maka dasar untuk membuat game adalah design document atau lebih mudahnya disebut skenario game. Skenario game adalah langkah awal dalam membuat sebuah game, dengan skenario game dapat mempermudah kita menyelesaikan game yang akan kita buat. Skenario game adalah sebuah cerita khusus yang melatarbelakangi kejadian – kejadian dalam game. Kalau skenario menentukan interior dan eksterior, dekor, pemain, dan studio, serta pembuatan trik, dalam desain dokumen ada ketentuan program game, grafik, tokoh, animasi, suara, dan musik. Sampai di sini keduanya masih paralel. Berbeda dengan skenario yang merupakan sekuens linier dari adegan, turn around point, dialog, dan seterusnya; design documents adalah gabungan dokumen yang mendiskripsikan secara kompleks semua segi game yang direncanakan.      Ditambah lagi

UI PADA VIDEO GAMES

 USER INTERFACE PADA GAME Antarmuka (Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka (Interface) dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi. Antarmuka (Interface)  berfungsi untuk menginput pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem pakar (ES), menampilkan penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian sistem secara berurutan  sehingga pengguna mengerti apa yang akan dilakukan terhadap suatu sistem. Desain user interface dalam game berbeda dari desain UI lainnya karena melibatkan unsur tambahan fiksi. Fiksi melibatkan avatar dari pengguna yang sebenarnya, atau player. Sebuah Desain Antarmuka (Interface) pada suatu Game mempengaruhi kenyamanan dan sejauh mana user/pengguna meminati Game tersebut. Dalam desain user interface game, terdapat sebuah teori yang dikemukakan oleh Erik Fagerholt da