Apa itu GAME ENGINE?
Game engine itu sendiri pada dasarnya adalah sebuah perangkat lunak atau bisa berdiri sebagai library yang dapat digunakan untuk membuat game. Adapun fungsi-fungsi dasar yang ada di dalam game engine bisa dilihat pada daftar di bawah ini:
rendering baik 2D maupun 3D (bisa salah satu atau bisa keduanya)
physics engine
pengatur audio
scripting
pengatur dan penampilan animasi
networking dan streaming data
pengaturan memori
pengaturan grafis
Seberapa Pentingkah GAME ENGINE?
Bagi pengembang game, game engine memegang peranan penting karena fungsionalitas yang disediakan di dalamnya. Analoginya jika di dalam pembuatan roti, maka game engine itu adalah mesinnya. Jadi kita dalam membuat roti tidak harus membuatnya dari nol, adapun fungsi-fungsi dasar dan penting sudah ditangani oleh mesin (game engine) tersebut.
Penggunaan game engine yang tepat akan mempermudah dan mempercepat proses produksi. Maka akan bijaksana jika kita memilih dan menggunakan game engine yang tepat menyesuaikan skala game yang kita buat. Setiap game engine juga memiliki kompleksitasnya masing-masing, perlu juga kita pertimbangkan apakah semua fitur yang disediakan di dalamnya akan kita pakai semua atau tidak.
Mengenal GAME ENGINE Populer
Sebagai tambahan, saya akan coba membahasa beberapa game engine yang populer digunakan sehingga dapat memberikan gambaran dan pertimbangan kira-kira nanti kamu bakalan cocok dengan game engine yang mana.
CRYENGINE
adalah mesin game yang dirancang oleh pengembang game Jerman Crytek . Ini telah digunakan di semua judul mereka dengan versi awal yang digunakan di Far Cry , dan terus diperbarui untuk mendukung konsol dan perangkat keras baru untuk gim mereka. Itu juga telah digunakan untuk banyak game pihak ketiga di bawah skema lisensi Crytek, termasuk Sniper: Ghost Warrior 2 dan SNOW . Warhorse Studios menggunakan versi mesin yang dimodifikasi untuk RPG Kingdom Come: Deliverance abad pertengahan mereka. Ubisoft mempertahankan CryEngine versi in-house yang sangat dimodifikasi dari Far Cry asli yang disebut Dunia Engine , yang digunakan dalam iterasi selanjutnya dari seri Far Cry .
FITUR CRYENGINE
- WYSIWYG simultan di semua platform di sandbox editor
- "Pembaruan terbaru" untuk semua platform di editor kotak pasir
- Editor materi
- Grafik aliran
- Editor Tampilan Track
- Alat penempatan prosedural dan pembuatan sampul
- Sistem generasi vegetasi dan penutup daratan terintegrasi
- Sistem partikel lunak waktu nyata dan editor FX terintegrasi
- Alat jalan dan sungai
- Pembuat kendaraan
- Sistem waktu hari yang sepenuhnya fleksibel
- Streaming
- Alat Analisis Kinerja
- Sistem Anggaran Visual
- Dukungan multi-inti
- Lapisan pengembangan kotak pasir
- Render luring
- Penyusun sumber daya
- Pencahayaan alami dan bayangan lembut dinamis dengan penumbra
- Volume Irradiansi
- Pencahayaan tertunda
- Iluminasi global dinamis real time
- Adaptasi mata dan pencahayaan high-dynamic-range (HDR)
- Oklusi ambien ruang layar
- Pemeringkatan warna
- Teknologi "Uber Shader"
- Blend Layer
- Peta normal dan peta oklusi paralaks
- Buram gerak dan kedalaman bidang dengan bokeh berbasis sprite
- Air 3D berkualitas tinggi
- Balok cahaya volumetrik dinamis dan efek poros cahaya
- Fogging volumetrik, lapisan, dan tampilan
- Layar Space Directional Occlusion (SSDO)
- Tessellation (grafik komputer) dan Pemetaan Pemindahan
- Refleksi layar-ruang
- Gerak dan bayangan partikel
- Sistem animasi karakter
- Sistem individualisasi karakter
- Animasi kerangka parametrik
- Larutan gerak prosedural dan solusi IK
- Editor animasi wajah
- Penyebaran di bawah permukaan
- Sistem pengeditan AI
- Pencarian path dinamis
- Mesh Navigasi Lapisan
- Pembuatan mesh navigasi otomatis
- Sistem Titik Taktis
- Mesin fisika multi-utas terintegrasi
- Cacat dan fisika tubuh lunak
- Lingkungan yang interaktif dan destruktif
- Fisika tali
- Pencampuran dan pembuatan profil suara dalam game
- Sistem suara berbasis data
- Suara dinamis dan musik interaktif
- Audio lingkungan
- Bingkai kunci - suara akurat dalam animasi
- Suasana suara
- Volume air kaustik
- Editor pemetaan UV
- PBR (Rendering Berbasis Fisik)
Sumber :
- https://en.wikipedia.org/wiki/CryEngine
Komentar
Posting Komentar