Langsung ke konten utama

UI PADA VIDEO GAMES

 USER INTERFACE PADA GAME

Antarmuka (Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka (Interface) dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi. Antarmuka (Interface)  berfungsi untuk menginput pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem pakar (ES), menampilkan penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian sistem secara berurutan  sehingga pengguna mengerti apa yang akan dilakukan terhadap suatu sistem.

Desain user interface dalam game berbeda dari desain UI lainnya karena melibatkan unsur tambahan fiksi. Fiksi melibatkan avatar dari pengguna yang sebenarnya, atau player. Sebuah Desain Antarmuka (Interface) pada suatu Game mempengaruhi kenyamanan dan sejauh mana user/pengguna meminati Game tersebut.

Dalam desain user interface game, terdapat sebuah teori yang dikemukakan oleh Erik Fagerholt dan Magnus Lorentzon dari Chalmers University of Technology. Dalam tesisnya mereka menulis tesis tentang desain user interface berjudul Beyond the HUD – User Interfaces for Increased Player Immersion in FPS

Berikut adalah video games yang akan saya review :
- Monster hunter world
- Mass effect 3
- Dead space


Games

1. Monster hunter world
Monster Hunter: World membuka cerita petualangannya dengan memosisikan Anda sebagai satu di antara segudang hunter yang bergabung dalam “Fifth Fleet” – sebuah bala bantuan yang dikirim ke sebuah dunia baru bernama “New World” atas permintaan Research Commision di sana. Berbeda dengan Old World, New World diposisikan sebagai benua terpisah dengan ekosistem dan keganasan alam yang masih mengandung begitu banyak tanda tanya. Fifth Fleet diharapkan bisa muncul sebagia kekuatan ekstra untuk mempercepat badan penelitian di sana.

Gameplay dari monster hunter world ini bertema sama dengan judulnya yaitu memburu monster dengan banyak pilihan senjata kita memburu monster yang dapat menghancurkan ekosistem. ada sedikit pembaruan dari segi gameplay dari judul-judul monster hunter sebelumnya, di world kita di perkenalkan dengan banyak gameplay mechanic yang baru.

2. Mass effect 3
ME3 masih menggunakan Engine yang sama dengan seri terdahulunya yaitu Unreal 3. Namun bukan berarti tidak ada perubahan pada grafis. Pencahayaan dan tekstur menjadi lebih baik dan rapi di ME3 daripada seri terdahulunya. Physx di ME3 juga terlihat lebih bagus daripada seri terdahulunya.

Mass Effect 3 merupakan seri pertama dari 2 seri pendahulunya yang memiliki multipengguna. Sistem multipengguna di ME3 adalah Coop 4 player, keempat player harus bertahan, membunuh target tertentu, Hacking,dll. Pemain harus bertahan selama 11 gelombang untuk bisa menyelesaikan 1 misi. Kita dapat memilih berbagai kelas di multipengguna dan beberapa Ras juga, menaikkan skill dan mengupgrade senjata juga bisa anda lakukan di multipengguna. Terdapat 3 pilihan musuh yang bisa dipilih yaitu Geth,The Reaper dan Cerberus. Serta ada 3 tingkat kesulitan yaitu Bronze,Silver dan Gold. Untuk tingkat kesulitan Bronze bisa dirasakan cukup mudah untuk menyelesaikan 1 misi bahkan tanpa perlu kerjasama yang baik, tetapi untuk tingkat kesulitan Silver dan Gold diperlukan kerja sama yang baik.

3. Dead space
Dead Space adalah game berkategori third-person shooter survival horror (Menembak) yang dikembangkan oleh EA Redwood Shores ( sekarang Visceral Games ) untuk Microsoft Windows, Playstation 3, dan Xbox 360. Game ini dirilis pada semua Platform sampai Oktober 2008. Permainan ini menempatkan pemain mengendalikan seorang insinyur bernama Isaac Clarke, yang bertempur melawan Necromorphs, alien di kapal tambang antarbintang. Game ini menerima respon positif dari pemirsanya, dan telah terjual lebih dari 2 juta kopi. Dead Space 2 dan Dead Space 3 yang dirilis pada 25 Januari 2011 dan 5 Februari 2013.



. Mereka memperkenalkan istilah berbagai jenis interface yang berkaitan dengan desain video game.

HUD itu sendiri kepanjangan dari Heads – up display, merupakan metode dimana informasi secara visul disampaikan kepada pemain sebagai bagian dari antarmukan pengguna permainan. Biasanya menunjukkan bar/kotak HP(Health Point) ataupun MP(Mana Point) dan biasanya muncul  di atas kepala karakter. Fungsi HUD ini untuk memudahkan pemain mengetahui kondisi karakter dalam permainan.



1. Dead space menggunakan desain Diagetic yaitu Desain antarmuka yang termasuk dalam permainan game  yaitu yang dapat dilihat dan didengar oleh karakter dalam permainan. Yang dimaksudkan pada antarmuka diagetic ini segala sesuatu yang terlihat terkecuali elemen-elemen non-diegetic seperti HUD, Kursor mouse, Informasi dari Komputer,dll
Tiffany Best: dead space background
seperti yang kita lihat di atas hud dari dead space tidak terdapat dilayar melainkan langsung ditaruh di karakter kita contoh: 
1. Ammo hanya bisa dilihat dari senjata kita
2. Health bar kita berada di punggung karakter kita

walaupun ui dari game ini terlihat rapih tapi kadang kita jadi susah untuk melihatnya.

2. Mass Effect 3
Mass effect 3 menggunakan hud non-diagetic yaitu Desain  Antarmuka yang diberikan sebagai tambahan di luar dunia game itu sendiri, hanya terlihat dan terdengar ke pemain di dunia nyata. Sehingga seakan-akan karakter dalam dunia game tidak melihatnya. Mass Effect 3 menggunakan banyak Non-diegetik elemen UI untuk menginformasikan pemain senjata karakter dipilih dan kekuasaan
2
menurut saya ui seperti ini adalah yang paling baik (menurut saya) karena pengguna dapat melihat ui dengan jelas dan tidak terlalu banyak memakan layar.

3. Monster hunter world
Monster hunter world UI Monster Hunter World adalah sebuah clusterfuck untuk menavigasi (Menurut saya). Sederhana dan polos. Seiring waktu Anda terbiasa, tetapi itu tidak membuatnya menjadi hal yang baik dan itu tidak membuatnya lebih mudah untuk digunakan. Ada banyak pilihan, menu dan submenu dan itu bisa membingungkan kadang-kadang bahkan untuk pemain berpengalaman. Saya merasa ini yang paling menyebalkan ketika Anda terkunci dalam pertempuran. Mencoba menggunakan batu asahan atau menyembuhkan Anda akan membuat Anda terbunuh dalam game ini. Ya, ada jalan pintas yang seharusnya membantu meringankan waktu yang dihabiskan menggunakan barang tetapi itu tidak banyak membantu.

sumber :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SCENARIO,SCRIPT, DAN STORYBOARD PADA GAME DESIGN

Desain Skenario   Skenario adalah urutan cerita yang disusun oleh seseorang agar suatu peristiwa terjadi sesuai dengan yang diinginkan. Kalau dasar untuk pembuatan film adalah skenario, maka dasar untuk membuat game adalah design document atau lebih mudahnya disebut skenario game. Skenario game adalah langkah awal dalam membuat sebuah game, dengan skenario game dapat mempermudah kita menyelesaikan game yang akan kita buat. Skenario game adalah sebuah cerita khusus yang melatarbelakangi kejadian – kejadian dalam game. Kalau skenario menentukan interior dan eksterior, dekor, pemain, dan studio, serta pembuatan trik, dalam desain dokumen ada ketentuan program game, grafik, tokoh, animasi, suara, dan musik. Sampai di sini keduanya masih paralel. Berbeda dengan skenario yang merupakan sekuens linier dari adegan, turn around point, dialog, dan seterusnya; design documents adalah gabungan dokumen yang mendiskripsikan secara kompleks semua segi game yang direncanakan.      Ditambah lagi